Beranda Makassar Anggota DPR RI Ini Ingatkan Potensi “Ledakan Kematian” Jika Covid-19 Masuk ke...

Anggota DPR RI Ini Ingatkan Potensi “Ledakan Kematian” Jika Covid-19 Masuk ke Lapas dan Rutan

SUPRIANSA

HERALDMAKASSAR.com – Anggota DPR RI Supriansa mengaku prihatin melihat kondisi Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan (Rutan) di seluruh Indonesia, di tenah merebaknya wabah virus Covid-19. Apalagi, hampir semua Lapas dan Rutan mengalami kelebihan kapasitas.

Dalam kondisi itu, Supriansa meminta Kemenkumham untuk memikirkan solusi terbaik bagi para penghuni lapas dan rutan. “Memang kunjungan sudah ditiadakan, tapi kondisi dalam lapas tidak menutup kemungkinan bisa terjangkit virus mematikan itu,” ujar mantan Wakil Bupati Soppeng itu.

“Hari Jumat kemarin — saya mendapat laporan dari beberapa lapas — shalat Jumat tetap berlangsung di dalam lapas. Harusnya Dirjen Pemasyarakatan memiliki sikap tegas soal ini (melarang sholat Jumatan jika tidak ada jaminan bahwa kontak fisik tidak memiliki potensi pesebaran virus corona),” ujar Supriansa.

Menurut Supriansa, social-distancing tak mungkin dilaksanakan di dalam lapas/rutan. Mengingat sel-sel di dalam lapas dan rutan dalam posisi over-capacity. Kedua apakah cukup ada jaminan urusan bersih-bersih di sana, mengingat keterbatasn fasilitas mandi dan sarana pendukung lainnya.

Jika Dirjen Pemasyarakatan/Kementerian Hukum dan HAM melihat atau menyikapi ini sebagai bisnis as usual (berjalan biasa-biasa saja) — maka sekali virus covid-19 masuk ke lapas, maka akan ada potensi ‘ledakan-kematian’ dalam jumlah ratusan hingga ribuan dalam sekali rentang waktu dan ruang. “Ibarat ya kita melihat ada rumah terbakar di dekat gudang amunisi dankita membiarkan kebakaran itu dan tidak ada pemikiran untuk memadamkannya,” ujar Supriansa.

(M MARUF)