Beranda Headline News Demokrat: Jangan Ada Menteri yang Lari, Rizal Ramli: Menteri Ekonomi Jokowi Payah

Demokrat: Jangan Ada Menteri yang Lari, Rizal Ramli: Menteri Ekonomi Jokowi Payah

HERALDMAKASSAR.com – Partai Demokrat mengkritik sikap pemerintah yang dinilai belum menggubris pelemahan rupiah atas dolar AS. Rupiah melemah hingga menembus 16.000 per dolar AS, atau tertinggi sejak reformasi.

Politikus Partai Demokrat, Andi Arief, berharap tidak ada menteri yang lari dari kenyataan dengan adanya fakta tersebut. Sebab, kata dia, rupiah diperkirakan akan terus melemah.

“Rupiah melemah, sudah hampir ambang batas psikologis. Diperkirakan akan terus melemah. Kita belum tahu apa yang akan dilakukan pemerintah. Saya berharap jangan ada menteri yang mundur dan lari dari tanggungjawab,” kata Andi Arief melalui laman resminya, Kamis (19/3) seperti dikutip indonesiainside.

Sementara, ekonom senior Rizal Ramli menyebut rupiah jebol Rp16.000 per dolar AS akan spiral. Itu karena komponen impor besar untuk kebutuhan dalam negeri, harga-harga kebutuhan rakyat akan naik ditambah panic buying.

“Pidato Trisakti dan Nawacita, tapi kebijakan gila-impor dan pro rent seekers. Rupiah akhirnya jebol juga Rp16.000 per dolar AS. Tim ekonomi Jokowi memang payah. Sudah diingetkan potensi krisis sejak 1,5 tahun yang lalu dan alternatif-alternatif solusi, keminter dan jumawa padahal tidak punya tranck record ‘turn around’ makro ataupun korporasi. Yang ada pembisik-pembisik angin surga,” kata Rizal Ramli.

(TIM)