Beranda Makassar Kreatif, Dekranasda Bikin Pelatihan Membuat Bungan dari Sabun Mandi untuk Pengharum Ruangan

Kreatif, Dekranasda Bikin Pelatihan Membuat Bungan dari Sabun Mandi untuk Pengharum Ruangan

HERALDMAKASSAR.com – Terkadang ide kreatif melahirkan suatau hal yang luar biasa, begitu juga yang dikerjakan ibu-ibu Team Kreatif Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan.

Mereka terus berkaya untuk kerja nyata sulsel jaya, dan berbagi kegiatan positif. Team kreatif Dekranasda memberi pelatihan dan pelajaran dengan membuat pengharum ruangan dari sabun mandi dan tepung maizena. Tentunya hal ini diperlukan keterampilan yang baik untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

Hal ini pastinya tidak mudah bagi mereka yang belum mengetahui cara pembuatan bunga dari bahan dasar sabun mandi. Ditangan dingin Sri Ruby bersama teamnya, sabun dirubah menjadi benda yang kegunaannya tidak seperti pada umumnya digunakanan, yakni dijadikan sebagai hiasan ruangan sekaligus sebagai parfum ruangan atau parfum mobil dengan aroma khas yang dikeluarkan dari sabun. Selain itu, hasil karya ini menjadi nilai ekonomis yang bisa dikembangkan.

Pembuatannya sendiri cukup simple hanya membutuhkan sabun mandi batangan, tepung maizena (tepung jagung) dan parutan yang digunakan untuk menyerut sabun menjadi serpihan terlebih dahulu sebelum dibentuk, serta aksesoris pelengkap seperti tangkai, gabus dan pot bunga pada umumnya.

Kegiatan positif itu dilakukan pada Jumat (6/3/2020) kemarin di kantor Dekranasda Sulsel ruangaan kreatif. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu dan para remaja-remaja putri.

“Dengan modal yang sangat murah bisa terjual mahal. Bisa menambah penghasilan di sela-sela mengisi waktu yang luang, sehingga waktu senggang kita bisa bermanfaat,” kata Sri Ruby.

Sementara, Ketua Dekranasda Sulsel Hj Liestiaty Fachrudin Nurdin Abdullah sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan seperti ini.

“Saya senang dan selalu mensupport disetiap kegiatan ibu-ibu anggota dekranasda. Apalagi kegiatan yang seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak namun hasilnya sangat bagus,” ujarnya.

Yang terpenting, menurut beliau, membuatnya pun tidak perlu keluar rumah serta bahannya sangat terjangkau oleh masyarakat umum. Hasilnya pun tahan lama, semerbak dan mewangi.

Oleh karena itu, istri dari Gubernur Sulsel itu menghimbau kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu dan remaja putri, agar bersama meluangkan waktu untuk kegiatan positif yang bernilai sosial dan ibadah. Sehingga bisa memajukan kuaalitas kita sebagai anak bangsa indonesia yang berdaya guna.

Lap. Humas Dekranasda Sulsel Warni Saharuddin