Beranda Ekbis Gojek, PKK dan Dekranasda Kolaborasi Majukan UKM di Sulsel

Gojek, PKK dan Dekranasda Kolaborasi Majukan UKM di Sulsel

HERALDMAKASSAR.COM – Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Sulsel bekerjasama dengan Gojek untuk bersinergi mendorong kemajuan UKM. Kerja sama ini diharapkan mampu mendukung program peningkatan pemberdayaan masyarakat dan keluarga di Sulsel.

Rencananya, Gojek bakal melakukan pembinaan dan pelatihan secara gratis kepada pelaku UMKM untuk membantu PKK dan Dekranasda Sulsel dalam mengakomodir kebutuhan para pelaku usaha.

Dengan begitu, produk UKM di Sulsel bisa lebih baik dan muaranya meningkatan pendapatan masyarakat.

“Pertemuan hari ini hadir dari Dinas Pariwisata provinsi, Dekranasda, PKK provinsi dan dari pihak Gojek, yaitu untuk sinergitas bagaimana kerjasama untuk melakukan pembinaan terhadap para UMKM,” kata Wakil ketua harian 1 Dekranasda Sulsel, Andi Oci Alepuddin.

Dia mengatakan ada beberapa program kolaborasi yang disiapkan yakni peluang mempromosikan produk-produk UKM binaan PKK, Dekranasda Sulsel.

“Terkhusus misalnya untuk dekranasda yaitu memberikan kepada UMKM keterampilan bagaiamana caranya untuk melakukan pelatihan fotografi dan display barang kerajinan unggulan dari 24 kabupaten kota,” ujarnya.

“Terus akhir bulan ini akan ada launching gojek di bandara, disana akan ada display dekranasda. insya allah pada april nanti akan diadakan program 1.000 perempuan berdaya guna yang dibina oleh dekranasda,” tambahnya.

Sementara, Ketua Galeri PKK Sulsel, Ibu Munji Taufik Fachrudin yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa galeri PKK adalah ruang pamer produk-produk UKM yang ada.

“Jadi gojek membantu kita dengan memasukkan produk ukm. Kita ambil ukm yang dinaungi oleh PKK, tapi yang kami utamakan dari parepare, palopo, bone, bukukumba, bantaeng, dan maros. Itu yang akhir bulan ini akan launching, tapi setelah itu kita ambil dari 24 kabupaten kota,” tuturnya.

“Mudah mudahan kerjasama ini berlanjut terus, untuk membantu ibu Gubernur dalam mengembangkan produk ukm yang ada di Sulsel,” harapnya.

Adapun dari pihak Gojek Makassar, Veni Johan. Ia menyampaikan pihaknya hadir untuk membangun dan membina umkm di seluruh indonesia, khususnya perempuan-perempuan di sulawesi selatan.

“kemarin sudah ada pertemuan yang baik dengan ibu Gubernur akhirnya kita melihat bahwa ada potensi dari wanita makassar, sulawesi selatan untuk kemudian kita bina dan akhirnya jadi mandiri bukan hanya secara finansial tapi juga secara keahlian,” kata dia.

Harapannya, dengan program ini akan lebih banyak wanita di makassar khususnya dan sulawesi selatan pada umumnya menjadi lebih mandiri dan harapan keluarga masing-masing.

“Kita percaya dengan kerjasama PKK, dekranasda dan gojek sebagai platform digital kita tidak hanya membangun wanita di sulsel, tapi juga merambah ke area lainnya di indonesia,” jelasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK yang juga Ketua Dekranasda Sulsel, Hj Liestiaty Fachrudin Nurdin Abdullah sangat mensupport atas kerjasama dalam melakukan kolaborasi program kegiatan ini.

“Alhamdulillah apa yang di katakan oleh pak Gubernur kita harus sinergi untuk mencapai kesuksesan yg akan kita raih. Hasilnya nanti akan dirasakan oleh penerus kita. Alhamdulillah ukm dan ikm kita saat ini sangat bersemangat karena mendapat dukungan dari pemerintah. Bekerja nyata mempertahankan produk-produk lokal untuk kemajuan Sulsel,” ujarnya.

Humas Dekranasda Sulsel, Warni Saharuddin