Beranda Makassar Rektor UNM, Lepas 1194 PPG Batch 4 Kemdikbud & Kemenag

Rektor UNM, Lepas 1194 PPG Batch 4 Kemdikbud & Kemenag

HERALDMAKASSAR – Sebanyak 1194 tenaga pengajar mengikuti Pelepasan Mahasiswa program pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan Batch ke 4 Kemdikbud dan PPG dalam Jabatan Kemenag tahun 2019 di Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (4/11/2019).

Ketua Program Studi (Prodi) PPG, Darmawang dalam laporannya mengatakan, peserta yang mengikuti pelepasan ini berjumlah 1194 orang dengan rincian sebanyak 700 orang berasal dari Fistakker Kemdikbud, 82 orang dari Fisttaker Kemenag, dan 412 orang dari Retaker Kemdikbud.

Direktur Program Pengembangan Profesi Guru (P3G) UNM, Prof. Ramli Umar mengatakan menyampaikan mahasiswa PPG dalam jabatan ini telah dilakukan uji kinerja pada 65 sekolah dan madrasah.
“Uji Kinerja UKMPPG ini telah dilaksanakan di 4 PAUD, 20 SD, 12 SMP/Mts, dan 29 Sekolah Atas dan Madrasah Aliyah”, jelasnya.

Rektor UNM Prof. Husain Syam saat membuka kegiatan mengucapkan selamat kepada peserta yang telah melaksanakan pendidikan profesi guru yang Selanjutnya dapat teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari dan tingkah laku di sekolah harus sesuai dengan yang tertera dalam sertifikat guru profesional.

Ia juga menyampaikan mahasiswa lulusan PPG otomatis menjadi keluarga UNM. Pihaknya berharap tetap menjaga nama baik UNM dan menguatkan kompetensi serta saling berkomunikasi.

Mantan Dekan Teknik UNM dua perode ini, turut menyampaikan peran penting UNM dalam mendorong kualitas para tenaga pengajar demi menciptakan dan mempersiapkan guru masa depan di Indonesia.

Ia menambahkan, UNM secara kelembagaan telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, agar kegiatan PPG bisa berjalan sesuai standar dan sesuai aturan dari pemerintah, dan berharap peserta PPG dapat lebih maksimal dalam menyerap pengetahuan.

“Tingkat pencapaian prestasi lulusan PPG harus kita tingkatkan lagi dari ketentuan rata-rata nasional, dan harus menjadi pencapaian yang membanggakan bagi UNM,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dirangkaikan dengan peluncuran PPG Prajabatan Mandiri Tahun 2019 di lingkungan UNM dan PINISI: Journal of Teacher Proffesional yang bisa diakses di http://ojs.unm.ac.id/tpj

(Humas UNM/Burhanuddin)