Beranda Sulsel Resmi Dilantik, SPAMS Siap Tuntaskan Persoalan Air Bersih

Resmi Dilantik, SPAMS Siap Tuntaskan Persoalan Air Bersih

HERALDMAKASSAR.com – Pengurus Asosiasi Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Anging Mammiri Provinsi Sulsel dan SPAMS Tirta Lontara Kota Makassar periode 2018-2023 resmi dilantik.

Para pengurus dilantik langsung oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sulsel, Andi Darmawan Bintang, di Pelataran Lakipadada Rujab Gubernur Sulsel, pada Jum’at (4/10/2019) malam.

Asosiasi SPAMS yang lahir sejak tahun 2010 hingga saat ini, sudah terbentuk Asosiasi dibeberapa tingkatan Kabupaten/Kota, bahkan ditingkat Provinsi.

Melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), Asosiasi Pengelola SPAMS membentuk KP-SPAMS yang bergerak mengelola operasi dan pemeliharaan dari SPAMS di daerah.

“SPAMS lahir dengan tujuan pokok menuntaskan persoalan air bersih diseluruh Indonesia. Sekarang ini SPAMS di Sulsel telah terbentuk di 22 daerah mulai dari Luwu Timur sampai Selayar, dengan jumlah 1.159 titik,” ujar Ketua Asosiasi SPAMS Sulsel, Husni Mubaraq dalam sambutannya.

Adapun pengguna air SPAMS disejumlah daerah berjumlah 231.800. Menurut Husni, ini adalah capaian yang sangat luar biasa semenjak SPAMS hadir untuk membantu masyarakat.

“Inilah mungkin yang menjadi kebanggan kita di SPAMS. Insya Allah kita akan bergandengan tangan dengan pemerintah untuk menuntaskan persoalan air bersih, terutama dengan PDAM kota Makassar,” ujarnya.