Beranda Makassar Wagub Sulsel: Ada Oknum Provokasi Konflik Wamena

Wagub Sulsel: Ada Oknum Provokasi Konflik Wamena

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

HERALDMAKASSAR –  Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman bersama Sekretaris Daerah Provinsi, Abdul Hayat turun ke area landasan pacu pesawat menjemput langsung warga Sulsel yang telah dievakuasi dari Wamena, Senin (30/9).

Evakuasi pertama tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Pukul 09.27 WIT. Pesawat Hercules C-130 membawa sebanyak 174 warga yang berhasil dievakuasi dari Wamena. Terdiri dari 124 orang dewasa, 37 anak, dan 13 balita. Dari total ini, warga Sulsel bergabung dengan warga dari daerah lain.

“Saya bersama Bapak Sekertaris Provinsi Sulsel mengunjungi pengungsi asal Sulawesi Selatan. Tujuan kami untuk menyampaikan langsung belasungkawa atas jatuhnya korban asal Sulawesi Selatan dan untuk melihat langsung situasi terkini. Juga berkordinasi langsung dengan Forkopimnda untuk menjamin kemananan warga Sulsel di Papua,” jelas Andi Sudirman Sulaiman saat menyampaikan sambutan di hadapan pengungsi asal Sulsel.

Kami paham, bahwa, ada oknum yang menginginkan dan memprovokasi konflik yang terjadi. Saat ini sudah ada jaminan keamanan yang diberikan dari aparat TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi Papua.

“Bersama Bapak Sekda, Kesbangpol, dan Dinas Sosial, kami menjamin kebutuhan warga Sulsel selama di pengungsian dan juga kami memberikan bantuan ke Kabupaten Wamena,” Jelasnya.

Pemprov Sulsel dalam kesempatan ini, juga melihat dan memastikan agar persoalan ini tidak terjadi lagi, dan meyakinkan kepada pengungsi bahwa Pemprov Sulsel akan kordinasi terus menerus dan meperhatikan Warga Sulsel di perantauan.

“Kami ada di di tempat ini, sebagai bentuk komitmen Pemprov Sulsel memperhatikan warganya di Papua atau di perantauan. kita memberikan jaminan keamanan yang layak bagi Warga Sulsel. Kondisi Wamena, berangsur akan terus dilakukan evakuasi, dengan saling bantu membantu akan memudahkan kondisi yang kita alami,” tutupnya. (*)