Beranda Headline News 24 Warga Sulsel Tewas di Papua, Gubernur Sulsel Ikut Berduka

24 Warga Sulsel Tewas di Papua, Gubernur Sulsel Ikut Berduka

HERALDMAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah menyampaikan rasa duka atas meninggalnya sebanyak 24 orang warga Sulsel peristiwa rusuh yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

“Kita turut berduka atas meninggalnya beberapa saudara-saudara kita. Saya dapat laporan sekitar 24 orang saat ini meninggal, untuk kita ikut berduka,” kata Nurdin Abdullah, Minggu (29/9).

Menyikapi perkembangan Wamena saat ini, Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa hari ini perlahan-lahan mulai kondusif dan juga beberapa pengungsi dari Wamena ke Jayapura serta ada juga yang mengungsi di tempat lain.

Ia terus memantau dan berkoordinasi melihat terkait kondisi Wamena, apakah akan dievakuasi kembali ke Makassar.

“Tapi tentu kita berkomunikasi dengan pemerintah setempat dulu, mudah-mudahan kondisi ini semakin baik, semakin kondusif, sehingga masyarakat kita yang ada di Papua bisa lebih tenang,” harapnya.

NA juga menyampaikan telah ada warga Sulsel yang dipulangkan. Ia dan Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Mas Guntur Laupe berencana untuk berkunjung ke Wamena. Sebelum ke sana, Ia telah mengirim tim dari Pemprov Sulsel, termasuk tim medis dari Dinas Kesehatan Sulsel.
Demikian juga dengan kebutuhan logistik yang saat ini dihimpun.

Nurdin menyampaikan masih ada warga Sulsel di Wamena. Terutama kaum laki-laki. “Masih bertahan di sana karena mereka masih punya aset untuk dijaga,” jelasnya.

(****)