Beranda Makassar Bawakan Kuliah Umum, Rektor UNM Minta Mahasiswa Cepat Respon Pasar

Bawakan Kuliah Umum, Rektor UNM Minta Mahasiswa Cepat Respon Pasar

Rektor UNM Husain Syam saat memberi kuliah umum di UNM

HERALDMAKASSAR.com – Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Husain Syam membawakan kuliah umum di hadapan mahasiswa baru Program Pascasarjana di Ballroom, Lt 3, Menara Pinisi UNM, Kamis 22 Agustus 2019.

Rektor dalam kuliah umumnya di hadapan 1265 mahasiswa baru menyampaikan penerimaan mahasiswa baru (maba) program doktor dan magister di PPs UNM telah sesuai dengan mekanisme standar operasional prosedur (SOP). Karena itu, seleksi maba tetap terjamin kualitasnya.

“Selain menerima maba jalur reguler, PPs juga menerima jalur kerja sama. Beberapa pemda yang kemitraan, yaitu Kabupaten Luwu Timur, Enrekang, Bulukumba, dan Gorontalo. Termasuk Kementerian Agama,” kata Prof. Husain.

Menurut guru besar teknologi pertanian, UNM secara totalitas memberi penghargaan dan komitmen untuk mengawal para maba dalam meraih gelar yang dicita-citakan. Selain itu UNM terus melakukan inovasi, termasuk penetapan wisuda berbasis kouta 1.000 sehingga setiap bulan UNM melaksanakan wisuda. Tujuannya agar alumni cepat merespon kebutuhan pasar.

“UNM semakin berkualitas, jadi maba tidak salah memilih kuliah di UNM karena telah terakreditasi A. Ke depan, UNM akan menggenjot semua prodi terakreditasi A,” jelasnya.

Mantan dekan FT UNM ini menambahkan, di PPs juga menyediakan program S-3 by riset. Bagi mahasiswa jalur ini, tidak perlu tatap muka karena diseleksi berdasarkan kompetensi dan pengalaman yang dimiliki.

“Meski saya selaku pimpinan berkomitmen, pengelola di PPs harus merealisasikannya. Percuma saya berkoar-koar kalau di tingkat pengelola tidak mau mengubahnya. Saya selaku pimpinan siap dan terbuka untuk dikritik. Sebab, kritik itu membuat saya bisa mengoreksi diri untuk maju dan berkembang,” jelasnya.

Direktur PPs, Prof. Hamsu Abdul Gani menyampaikan proses seleksi administrasi dan akademik dalam penerimaan maba sesuai mekanisme. Karena itu, maba terseleksi dengan baik.

Acara ini dihadiri para wakil rektor, para dekan, direktur, wakil direktur, ketua lembaga, kepala biro, dan para ketua prodi S-2 dan S-3. Materi meliputi Orientasi akademik universitas, pps, dan prodi.

(BUR/HUMAS UNM)