Beranda Nasional Akbar Faizal Jadi Pembicara Oligarki Politik di Universitas Tokyo

Akbar Faizal Jadi Pembicara Oligarki Politik di Universitas Tokyo

HERALDMAKASSAR.com – Politikus Partai NasDem, Akbar Faizal tampil sebagai pembicara di The University of Tokyo, Kamis (22/8) siang ini. Akbar akan membawakan materi soal oligarki partai politik pada pengisian jabatan-jabatan publik pada 4 pemilu di Indonesia.

Akbar memang dikenal sebagai politikus yang kritis terhadap berbagai persoalan kebangsaan. Sejak menjadi anggota DPR RI selama dua periode, wajahnya selalu menghiasi layar televisi untuk kebutuhan wawancara.

Akbar Faizal menumpangi MRT ke Universitas Tokyo

Dalam berbagai kesempatan, AF, akronim Akbar Faizal, juga kerap melontarkan kritikan pedas terhadap persolan Pilkada dan pelaksaan pemilu legislatif lalu. Salah satu yang sempat membumi, yakni soal kritikan AF terhadap munculnya fenomena baru dalam politik, yakni bertaburnya cukong sebagai pemodal Pilkada dan Pileg.

“Jika sebelumnya cukong politik hanya mengendalikan bupati pada Pilkada, sekarang ini sudah mengendalikan beberapa anggota DPR dari kabupaten hingga pusat. Mereka memodali banyak caleg yang kemudian terpilih. Saya punya daftarnya. Dan ini tidak hanya di Sulsel tapi merata di seluruh Indonesia,” ujar AF.

AF juga mengkritik fenomena istri atau keluarga dekat bupati yang terpilih dalam pemilu lalu. “Sangat luar biasa di periode 2019-2024 ini. Perolehan suara keluarga dekat penguasa lokal ini sangat besar,” ujar AF.

(TIM HERALD)