Beranda Makassar Dosen Unismuh Kenalkan Potometrium untuk Pengembangan Usaha Tanaman Hias

Dosen Unismuh Kenalkan Potometrium untuk Pengembangan Usaha Tanaman Hias

HERALDMAKASSAR.COM – Workshop POTOMETRIUM (Pot Tanaman Geometri dan Terarium) merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) dari DRPM Kemenristekdikti Tahun 2019 sebagai salah satu pilar Tridarma Perguruan Tinggi.

Kegiatan workshop ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan sosialisasi POTOMETRIUM oleh Tim PPM dari Universitas Muhammadiyah Makassar yang beranggotakan Citra Amalia Amal, ST, MT, Andi Annisa Amalia, ST, M.Si, serta Sri Andayaningsih, SE, MM. Kegiatan Sosialisasi awal telah berlangsung di Galeri Tanaman Hias milik mitra yaitu CV Ary Gasebo pada hari Senin, 27 Mei 2019.

Adapun Workshop pertama yaitu Pembuatan Pot Geometri yang dilangsungkan pada hari Sabtu, 6 Juli 2019 di Galeri Tanaman Hias milik mitra dan mendatangkan narasumber dari Kelompok Jasa Pertukangan Makassar.

Dalam workshop tersebut diajarkan kepada peserta cara membuat pot geometri dengan berbagai ukuran, juga pot dinding dan pot gantung dengan teknik pengelasan. Pot geometri dengan bentuk-bentuk triangular dan kubus ini dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa besi beton, besi hollow, besi strip, kayu palet, yang kemudian dicat akhir dengan dico warna hitam dan putih. Peserta workshop dikhususkan bagi kaum lelaki penjual tanaman hias yang ada di Kecamatan Maccini Sombala.

Workshop kedua yaitu merangkai kaktus dan sukulen ke dalam wadah terarium yang dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Juli 2019 bertempat di Warung Upnormal. Narasumber berasal dari Tim Macora Garden yang diketuai oleh Febrianty Utami. Peserta kegiatan terdiri atas kaum perempuan penjual tanaman hias Maccini Sombala. Wadah yang digunakan membuat terarium pada workshop ini adalah wadah geometri dengan rangka besi Kuningan dan permukaan kaca serta wadah vas kaca disebut fish bowl.

Workshop ketiga yaitu pembuatan website yang berlangsung pada hari Rabu, 7 Agustus 2019 bertempat di Warung Upnormal. Pada workshop ini diajarkan cara berbelanja online, mensetting konfigurasi, menambahkan kategori, dan menambahkan barang. Narasumber kegiatan ini adalah Tim Web dan Application Programmer Perdana Angkasa Mandiri diketuai oleh Danang Santoso. Output utama dari workshop ini adalah kelompok penjual tanaman hias telah memilki website penjualan online yang dapat diakses melalui situs www.potometrium.com.

Rangkaian selanjutnya dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat POTOMETRIUM adalah workshop pemasaran digital, publikasi produk POTOMETRIUM dan monitoring serta evaluasi kegiatan yang rencananya akan dilangsungkan bulan September mendatang.

Dengan digelarnya kegiatan Pengabdian Masyarakat POTOMETRIUM, menurut Andi Aryanto, selaku pihak mitra “kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar kelompok penjual tanaman hias yang telah mengikuti workshop nantinya bisa membuka usaha sendiri. Baik sebagai penjual tanaman hias maupun menjadi pemasok pot geometri dan terarium, yang mampu menjangkau pasar lebih luas lagi”.

Sementara menurut Andi Annisa Amalia, dosen Teknik Arsitektur Unismuh, selaku pelaksana kegiatan “tim pengabdian kami di beri amanat untuk mengembangkan dan memasyarakatkan Potometrium , khususnya bagi penjual tanaman hias. Segmen penjual tanaman hias menjadi sasaran pertama kami, ke depan kami berencana menjangkau sasaran yang lebih luas. Terima kasih pada pihak DRPM Ristek Dikti melalui LP3M Unismuh atas kepercayaannya pada tim kami. Semoga memberi manfaat bagi masyarakat secara luas”.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dari LP3M Unismuh ini telah menghasilkan produk. Produk itu telah dapat di manfaatkan untuk pengembangan sektor usaha tanaman hias di Kota Makassar.