Beranda Headline News Dewan Masjid Minta Polisi Usut Tuntas Insiden Bawa Anjing ke Dalam Masjid...

Dewan Masjid Minta Polisi Usut Tuntas Insiden Bawa Anjing ke Dalam Masjid di Sentul

HERALDMAKASSAR.com – Kasus Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI), H Syafruddin mengutuk keras peristiwa seorang wanita yang membawa anjingnya masuk ke dalam masjid. Ia meminta polisi untuk memproses secara transparan kasus ini.

“Saya selaku Ketua Harian DMI mengutuk keras perbuatan itu. Apapun alasannya, apapun latar belakangnya,” kata Syafruddin.

Selian meminta diusut tuntas, DMI juga menyatakan mengutuk keras insiden bawa anjing ke tempat ibadah. “Yang kita kutuk adalah peristiwanya,” kata Syafruddin.

Seperti diketahui, pada Ahad (30/6), seorang wanita berinisial SM (52 tahun) memasuki Masjid Al Munawaroh Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Ia masuk masjid sembari membawa anjingnya. Ia menuding pihak masjid akan menikahkan suaminya pada siang itu.

Kemudian, Syafruddin mendorong aparat kepolisian, penegak hukum, maupun MUI (Majelis Ulama Indonesia) untuk segera mengambil sikap. Tujuannya guna menghentikan kegaduhan di masyarakat.

“Kasus tersebut agar ditangani secara transparan, terbuka, tidak ada yang ditutupi. Dan media dibebaskan untuk mengakses,” tuturnya.

Mantan Wakapolri tersebut menjelaskan, ia telah berkoordinasi dengan Kapolres Bogor. Ia mendapatkan keterangan, SM dan suaminya telah ditahan. Proses pemeriksanaan belum dapat dilanjutkan karena yang bersangkutan masih mengalami gangguan. “Saat ini sedang dilakukan konseling di Rumah Sakit Polri Kramat Jati,” ucapnya.

Selain itu, Syafruddin juga telah berkoordonasi dengan RS Polri Kramat Jati. Ia meminta agar pihak rumah sakit untuk terbuka dalam menyampaikan informasi dan data. Khususnya jika terdapat ormas Islam ataupun pers yang menanyakan hal tersebut.

Selebihnya, ia mengimbau masyarakat untuk tenang. Jangan menjadikan peristiwa tersebut sebagai ajang perdebatan. Ia meminta masyarakat umat Islam untuk bersabar.

“Umat Islam sedang diuji kesabarannya oleh Allah SWT. Banyak kejadian-kejadian atau peristiwa penting di belahan dunia yang menggambarkan bahwa umat Islam sedang diuji, terutama kesabarannya,” kata pria yang juga merupakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

(TIM)