Beranda Makassar Dewan Klungkung Belajar Pengawasan Anggaran di DPRD Makassar

Dewan Klungkung Belajar Pengawasan Anggaran di DPRD Makassar

HERALDMAKASSAR.com – DPRD Kabupaten Klungkung, Prov. Bali berkunjung ke DPRD Makassar belajar mengenai mekanisme pengawasan, pengalokasian dana desa/kelurahan di Kota Makassar. Rombongan DPRD Kab. Klungkung Komisi II bidang Perekonomian & Keuangan diterima langsung Anggota Komisi A DPRD Makassar Syarifuddin Badollahi (F-Demokrat) di ruang Rapat Komisi A DPRD Makassar, Kamis (13/06/2019).

Rombongan ini dipimpin Ketua DPRD Kab. Klungkung, I Wayan Baru, S.Sos., didampingi Ketua Komisi II DPRD Kab. Klungkung, I Komang Suantara, beserta seluruh anggota Komisi II DPRD Kab. Klungkung dan staf DPRD Kab. Klungkung.

I Wayan baru menuturkan tujuan mereka selaku anggota DPRD Kab. Klungkung berkunjung ke Kota Makassar, bermaksud ingin mengetahui, belajar dan menerapkan mengenai mekanimse pengawasan dan pengalokasian dana desa/kelurahan di kota Makassar ini.

Ia menekankan bahwa kami ingin mengetahui seperti apa bentuk keterlibatan anggota DPRD Makassar dalam tupoksinya sebagai Controlling terkait dana desa/kelurahan beserta program apa saja yang menjadi program unggulan kelurahan yang ada di kota Makassar.

Anggoata Komisi A Syarifuddin Badollahi mengungkapkan bahwa di kota Makassar ini sebagai anggota DPRD yang memiliki fungsi pengawasan, ataupun penganggaran dalam hal ini mengalokasikan kepada kecamatan sudah setingkat dengan SKPD (Satuan Keja Perangkat Daerah) bahkan tak jarang melebihi karena kecamatan memiliki program kepada tingkat kelurahan/desa selanjutnya kami mrengawasi melalui monev (Monitoring dan Evaluasi) yang kami adakan setiap 3 bulan.

“Kecamatan lah yang mengatur program-program unggulan yang ingin dilaksanakan ke tingkat kelurahan, seperti lorong-lorong  diberikan tanggung jawab kepada RT/RW dan itu masing-masing memiliki indikator, kami pertegas lewat indikator itu., maka dari itu kami juga memperketat pengawasan melalui monev setiap 3 bulan,” Tambahnya.

Akhir kunjungan pagi ini ditutup dengan penukaran cinderamata dan foto bersama.