Beranda Internasional Kampanye Jaga Lingkungan, MTC Touring 3 Negara

Kampanye Jaga Lingkungan, MTC Touring 3 Negara

HERALDMAKASSAR.COM – Makassar Tiger Club (MTC) Salah satu club motor yang telah berdiri sejak 1995 melalui salah seorang bikersnya yakni Figa Avia Visca yang akrab disapa Figa menggelar touring sekaligus kampanye penyelamatan lingkungan dari sampah plastik di tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Melalui perbincangan singkat, Figa menuturkan bahwa kali ini dirinya akan solo ride, selain bersilaturahmi dengan para bikers, touring kali ini difokuskan untuk memberikan edukasi kepada bikers dan masyarakat yang dijumpainya untuk mengurangi sampah plastik.

“Hal yang cukup memprihatinkan setelah mengetahui bahwa Indonesia berada di urutan kedua menghasilkan sampah plastik setelah China, Terlebih lagi efek bagi habitat laut yang mengkonsumsi plastik akibat sampah plastik yang dibuang ke laut. Kita ketahui bersama bahwa bahan plastik susah terurai, butuh waktu 100 tahun. Jika tidak ada kesadaran dari masyarakat, tentu ini akan menjadi ancaman bagi lingkungan kita,” ujarnya, Rabu (29/05/2019).

Untuk persiapan solo rider kali ini, Figa telah melakukan beberapa modifikasi pada kendaraannya, untuk dipersiapkan melalui berbagai medan extreme.

“Untuk persiapan, harus dipastikan kendaraan dan ridernya fit, beberapa perubahan tampilan motor juga dilakukan karena ada beberapa medan yang nantinya akan dimasuki agak extreme. Berlumpur dan tanah merah,” lanjutnya.

Untuk keberangkatan, Figa menjadwalkan akan start pada 30 Mei dari Banjarmasin. “Jadi motor sudah dikirim duluan seminggu sebelum berangkat keberangkatan via ferry
,” jelasnya.

Adapun rute yang akan dilalui yakni start dari Banjarmasin-Sampit-Singkawang-Pontianak-Aruk Sambas-Malaysia-Brunei Darussalam- Kinabalu-Tawau-Kalimantan Utara-Kalimantan Timur.

Untuk rute yang dijadwalkan, Figa berencana menyelesaikannya dalam waktu 3 minggu. “Jika semua berjalan lancar, kemungkinan dapat lebarannya di negara Brunei Darussalam,” tuturnya.

Figa pun ingin berbagi info kepada para bikers yang ingin lintas negara harus memiliki CDP Carnet yg diterbitkan oleh Ikatan Motor Indonesia
(IMI). “Bukan hanya passport untuk ridernya tappi juga CDP Carnet untuk kendaraannya,” lanjutnya.

Figa mengaku, sejak dirinya bergabung di MTC 2007 lalu, dirinya selalu mendapatkan support dari keluarganya. “Hingga kini keluarga selalu mendukung kegiatan touring saya,” ulasnya.

Data Diri :

Nama Lengkap : Figa Avia Visca Weismann

Tempat Tanggal Lahir : Makassar, 3 April 1981

Ayah :Weismann. Jr

Ibu :Alm. Bertha Sandra
Hobby : Riding, traveling, membaca

Motto : Tantangan terbesar adalah hadapi tantangan tersebut. Jangan menghindar dan andalkan kekuatan sendiri tapi andalkan Tuhan dalam segala hal.
.