Beranda Makassar Netizen Kecam Dugaan Penggelembungan Suara Anak Danny Pomanto

Netizen Kecam Dugaan Penggelembungan Suara Anak Danny Pomanto

HERALDMAKASSAR.com – Warganet kembali dihebohkan dengan dugaan penggelembungan suara yang dilakukan oknum calon anggota legislatif (caleg). Adalah Aiman Adnan, netizen yang memposting indikasi penggelembungan suara anak Danny Pomanto di laman facebooknya.

Dalam status FB-nya Aiman menulis, ditemukan penggelembungan suara cukup besar pada calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Nasdem Aura Aulia Imandara (anak Danny Pomanto) di Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate.

Seperti diketahui, rekapitulasi suara ini digelar di hotel Grand Asia, Jalan Boulevard, Makassar, Rabu (15/5/2019). Temuan Bawaslu Kota Makassar itu berada di Kecamatan Tamalate, Kelurahan Jongaya, untuk pemilihan anggota DPR RI dan DPRD provinsi. Pada rekapitulasi ini, suara yang tertulis di DAA1 Plano berjumlah 69 suara, tapi yang tertulis di DA1 Plano berjumlah 479 suara.

Suara ini milik caleg NasDem untuk kursi DPR RI atas nama Aura Aulia Imandara.

Suara caleg dari Partai Golkar untuk DPRD Sulsel, Kadir Halid, juga mengalami perubahan dengan cenderung naik di Kelurahan Jongaya. Dari pantauan di lapangan, beberapa kali suara caleg ini tidak sesuai dengan yang tertulis di DA2 Plano.

“Setelah kita crosscheck dan sesuaikan Plano DAA1 dan DA1 memang ada ketidaksesuaian,” kata Ketua Bawaslu Makassar Nursari di lokasi rekapitulasi suara.

“Untuk caleg DPR RI, provinsi, dan kota ada ketidaksesuaian angka. Sehingga dari awal kita rekomendasi untuk segera dibuka planonya. karena kami anggap plano ini sumber data akurat terkait perolehan suara di TPS,” sambungnya.

Setelah plano dibuka, kata Nursari, ditemukan seorang caleg untuk kursi DPR RI yang memiliki selisih hingga 400 suara dari yang tercatat.

“Setelah dibuka, ada selisih. di DPR RI ada sekitar 400 lebih, di provinsi ada (selisih) 100 lebih,” ucapnya.

(TIM)