Beranda Headline News 11 Penyakit Ini Disarankan Tidak Puasa

11 Penyakit Ini Disarankan Tidak Puasa

HERALDMAKASSAR.com – Senin besok, umat Islam di seluruh dunia, diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun, tahukah anda, tetap ada pengecualian bagi mereka yang sedang sakit.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menjelaskan ada 11 kelompok pasien yang tidak boleh berpuasa Ramadan. Salah satu alasannya karena mereka harus minum obat secara teratur.

“Mudah-mudahan dengan informasi ini kita bisa mengingatkan anggota keluarga kita yang masuk pada kelompok yang tidak dianjurkan puasa ini untuk tidak berpuasa. Agar tidak mengalami gangguan kesehatan yang berat,” tegasnya.

Pasien di Rumah Sakit

Pasien dalam perawatan rumah sakit dan dalam keadaan di infus. Baik infus cairan maupun makanan atau pasien yang sedang mendapat transfusi darah. Pemberian infus makanan dan darah membatalkan puasa.

Infeksi Berat

Seseorang yang sedang dalam infeksi akut misal radang tenggorokan berat, demam tinggi, diare akut, pneumonia, infeksi saluran kencing, dan infeksi lain yang menyebabkan demam tinggi.

Vertigo

Seseorang dengan migren atau vertigo tak dianjurkan puasa. Sebab khawatir kondisi sakitnya akan bertambah buruk jika pasien tersebut tidak makan atau minum obat.
ramalan zodiak hari ini, sakit kepala, migrain,
Orang yang vertigo sedang kambuh dianjurkan tidak berpuasa agar tetap bisa minum obat. (medical news today)

Gangguan Pernapasan

Pasien dengan gangguan pernafasan akut seperti asma akut, penyakit paru obstruksi kronis yang berat.

Sakit Jantung

Pasien jantung dengan gagal jantung. Sebab pasien harus minum obat dengan teratur.

Sakit Maag Akut

Pasien sakit maag yang sedang dalam keadaan akut misal muntah-muntah dan nyeri hebat sampai keluar keringat dingin tak boleh berpuasa.

Pasien Kanker

Pasien kanker yang sedang dalam pengobatan atau belum diobati.

Pasien Liver

Pasien dengan gangguan liver kronis lanjut misal sirosis hepatis grade B atau C.

Gagal Ginjal Kronis

Pasien dengan gagal ginjal kronis yang sedang menjalani cuci darah atau peritoneal dialisis.

Diabetes Tak Terkontrol

Pasien kencing manis di mana gula darahnya belum terkontrol atau kalau pun terkontrol tetapi dengan kebutuhan insulin masih tinggi lebih dari 40 U per hari. Jika dipaksakan akan terjadi hipoglikemi atau gula darah terlalu rendah.

Lansia dengan Penyakit

Orang tua usia lanjut dengan menderita pikun (Alzhaimer), di mana sulit mengingat apakah sudah makan atau sudah minum.