Beranda Makassar Satpol PP Siap Lawan Begal

Satpol PP Siap Lawan Begal

HERALDMAKASSAR.com – Aksi dipertontonkan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar dalam simulasi pengamanan aksi kejahatan begal di halaman kantor Balaikota. Dalam demonstrasinya, puluhan anggota Satpol PP ini menunjukkan kemampuan bela diri menghadapi kawanan begal serta kekompakan dan solidaritas antara sesama anggota.

Para pelaku atraksi heroik ini merupakan anggota Satpol PP yang baru saja selesai mengikuti pendidikan latihan lanjutan bersama TNI Marinir. Deng Ical sapaan akrab Wakil Walikota, memberikan apresiasi terhadap peningkatan kapasitas sumber daya manusia Satpol PP.

Melalui pendidikan latihan kepada anggota Satpol PP, mampu menciptakan semangat baru, profesionalisme dan integritas yang nantinya akan membantu Walikota dalam penegakan peraturan daerah (Perda). “Peningkatan SDM teman-teman di Pol PP merupakan semangat baru bagi kita semua,” kata Deng Ical.

Menurutnya, kemampuan bela diri yang dimiliki haruslah ditunjang dengan sikap profesionalisme dan mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat. Sesuai dengan fungsinya sebagai pelayan masyarakat, anggota Pol PP harus mampu menempatkan pola sikap mengikuti psikologis masyarakat.

“Pola pendekatan Pol PP ke masyarakat tidak harus keras, karena terkadang dengan pola pendekatan ramah lembut kita sudah bisa mengambil hati masyarakat untuk mengikuti aturan,” kata pria murah senyum ini.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Iman Hud mengatakan, simulasi ini merupakan wujud kesiapan Satpol PP dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat terkhusus dalam penegakan perda.

Sebanyak 150 anggota Satpol PP ikut dalam pendidikan latihan yang berlangsung selama empat minggu tersebut. Mereka telah dibekali dengan kemampuan bela diri, teknik pengawalan, wawasan dan tanggung jawab serta profesionalisme.

“Selanjutnya mereka akan kita tugaskan di Kecamatan biar lebih fresh,” katanya. (***)