Beranda Makassar Gubernur Dukung Pemadam Kebakaran Jadi Dinas Tahun Depan

Gubernur Dukung Pemadam Kebakaran Jadi Dinas Tahun Depan

Nurdin saat mengunjungi Kampus yang terletak di Jalan Tamalanrea Raya, BTP Makassar, Selasa (12/3).

HERALDMAKASSAR.com – Puncak Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT Sat Pol Ke-69, dan HUT SatLinmas Ke-57 Tahun 2019 tingkat Provinsi Sulsel dilaksanakan di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (19/3).

Kegiatan diawal dengan defile pasukan dari 24 kabupaten/kota. Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah mengenekan pakaian dinas umum (PDU) Satpol PP menaiki mobil land rover memeriksa barisan.

Peringatan Hari Ulang Tahun tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, dimaksudkan sebagai
sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Pemadam Kebakaran, Sat Pol PP, dan Sat Linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata sebut Nurdin Abdullah.

NA menyampaikan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri, dimana juga disampaikan. Bahwa pemerintah mendorong agar kelembagaan pemadam kebakaran untuk berdiri sendiri.

“Sebagaimana halnya penyelenggara urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar lainnya, harus berdiri sendiri sebagai sebuah dinas. Tugas dan tanggungjawab pemadam kebakaran dalam melayani dan melindungi masyarakat, hanya akan maksimal bila dilaksanakan oleh sebuah dinas yang mandiri di daerah,” ujarnya.

Terlebih penyelenggaraan sub urusan kebakaran di daerah. Capaian standar pelayanan minimal (SPM) pemadam kebakaran menjadi salah satu indikator penilaian kinerja Kepala Daerah yang disampaikan kepada
Pemerintah Pusat dalam LPPD.

Nurdin Abdullah sendiri mendukung hal ini, tahun 2020 akan direncanakan.

“Saya yakin 2020 akan merencanakan, disamping pemisahan Dinas Pemadam Kebakaran, juga akan kita siapkan sarana dan prasaran dan perlindungan bagi petugas pemadam kebakaran satpol PP dan satuan perlindungan masyarakat,” sebutnya.

(RILIS HUMAS)