Beranda Headline News SURVEI MRKI: Prabowo Ungguli Jokowi di Zona Indonesia Timur

SURVEI MRKI: Prabowo Ungguli Jokowi di Zona Indonesia Timur

HERALDMAKASSAR.com – Lembaga survei Mindset Riset dan Konsultan Indonesia merilis survei Capres-Cawapres di Pilpres 2019, 30 hari jelang pencoblosan, di Hotel Claro Makassar, Senin (18/3).

MRKI yang tegabung dalam Asosiasi Lembaga Survei Tercepat Indonesia (ALSI) itu merilis survei khusus di Zona Indonesia Timur, Sulsel, Sulbar, Sultra, Sulteng, Gorontalo, NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Survei yang dilakukan 27 Februari-12 Maret terhadap 1.200 responden, dengan tingkat kepercayaan 95 persen sebagai laporan dengan asumsi sampel random sampling. Margin of error survei ini 2,8 persen.

Hasilnya, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi unggul dengan raihan 48,6 persen. Sementara, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf 42 persen, tidak menjawab 9,4 persen. Terpaut tidak jauh, yaitu berkisar 6,6 persen.

Direktur Eksekutif MRKI, Adri Agus mengatakan, elektabilitas kandidat nomor urut 02 Prabowo-Sandi masih unggul dibandingkan kandidat nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

“Jika Pemilu diadakan hari ini, hasilnya 48,6 persen untuk pak Prabowo dan Sandi. 42 persen untuk Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf. masih ada 9,4 persen kurang lebih yang menyatakan tidak tahu atau rahasia jawabannya,” kata dia.

Adri menjelaskan survei tersebut dilakukan dengan mewawancarai 10 responden setiap Provinsi. “Ini potret jika pemilihan dilakukan hari ini, dan kemungkinan masih akan berubah dalam 30 hari kedepan,” jelasnya.