Beranda Sulsel Lakukan Penyegaran SMM ISO 9001:2015, FKM Jadi Role Model di Unhas

Lakukan Penyegaran SMM ISO 9001:2015, FKM Jadi Role Model di Unhas

HERALDMAKASSAR.COM – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 bagi pejabat struktural dan tenaga kependidikan di lingkup FKM Unhas. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Senat selama dua hari pada tanggal 28 Februari – 01 Maret 2019.

Menurut panitia, kegiatan ini dimaksudkan sebagai penyegaran pengetahuan peserta terkait sistem manajemen mutu ISO 9001 dari versi 2008 ke 2015. “Peserta terdiri atas 17 orang dosen dan 18 orang tenaga kependidikan. Kita berharap melalui penyegaran ini peserta mendapatkan informasi dan semangat baru demi meningkatkan mutu proses yang lebih baik,” harap Muhammad Rachmat.

Prof. Dr. Nunuk Hariani Soekamto, MS sebagai Ketua Tim Sekretariat ISO Universitas yang juga Guru Besar Fakultas MIPA-Unhas menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut. Prof. Nunuk mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam hal ini mahasiswa, dosen, alumni dan stakeholder yang berimplikasi pada peningkatan mutu FKM khususnya dan Unhas pada umumnya. Menurutnya, hal ini memerlukan komitmen pimpinan dan itu telah ditunjukkan dengan dilakukannya penyegaran rutin di FKM Unhas.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA sebagai pemateri kedua banyak berbagi pengalaman saat menerapkan SMM ISO 9001 di Program Pascasarjana Unhas sehingga berhasil mendapatkan sertifikasi pada tahun 2009. Prof. Ambo Tuwo berpesan agar setiap orang yang terlibat dalam menajemen bekerja secara ikhlas. “Penerapan sistem manajemen mutu membutuhkan pengorbanan. Karena itu, bekerjalah dengan ikhlas agar Tuhan akan membalasnya dengan kebaikan-kebaikan yang tidak terduga,” pesan Prof. Ambo.

Lebih lanjut Prof. Ambo Tuwo menjelaskan tentang hal-hal baru dalam ISO 9001:2015. FKM Unhas diharapkan menjadi role model bagi fakultas lain dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan ISO 9001:2015.

Menurut Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed., mengatakan bahwa Pelaksanaan ISO setiap semester bertujuan utk memotret proses pelaksanaan aktivitas administratif civitas akademika FKM unhas. Dengan pelaksanaan ISO, assesor diharapkan mampu memberikan rekomendasi kepada manajemen fakultas utk perbaikan dan kesempurnaan administrasi sehingga bisa tercipta budaya mutu bagi setiap pelaksana di tingkat fakultas.

(IR)