Beranda Sulsel Dinas Koperasi dan UKM Fasilitasi Pelatihan KOP/KUD di Luwu Utara

Dinas Koperasi dan UKM Fasilitasi Pelatihan KOP/KUD di Luwu Utara

HERALDMAKASSAR.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kab. Luwu Utara tanggal 21sd 22 Februari 2019 kemarin sukses menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi/KUD yang diikuti sekitar 100 orang Pengurus dan Pengelola Koperasi/KUD se Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari di Hotel Remaja Indah Masamba, dengan menyajikan modul pelatihan yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan dengan Materi Mindset Wirausahakoperasi, Manajemen Pengelolaan Koperasi, Laporan Keuangan, Penilaian Kesehatan KSP/USP serta Kebijakan Pemerintah dalam Pembinaan Koperasi dan UMKM. Pada pelatihan ini menampilkan Narasumber/Fasilitator antara lain Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sulsel, Widyaiswara, Kabid UMKM Diskop dan UKM Prov. Sulsel, Anggota DPRD Kab. Lutra dan Kepala DP2KUKM Kab. Luwu Utara.
Di sela sela pelatihan juga menghadirkan materi layanan transaksi digital dan kredit pembiayaan oleh Bank Mandiri Cabang Masamba Luwu Utara.

Seluruh rangkaian acara pelatihan ini ditutup pada hari Jum’at sore yang dihadiri langsung oleh Bupati Luwu Utara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sulsel, Kadis DP2KUKM, beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Lutra serta Perbankan.

Bupati Luwu Utara dalam sambutannya berharap agar seluruh pengurus Koperasi dan KUD untuk senantiasa meningkatkan kompetensinya agar dapat bersaing sehat pelaku usaha lainnya. Lebih lanjut Bupati Indah Putri Indriani bahwa Pemkab tetap berkomitmen untuk mengawal pelaku usaha lokal termasuk Koperasi dan UKM agar menjadi tuan rumah di daerah sendiri, seperti dengan menyiapkan space di toko retail modern untuk produk KUMKM.
Pemkab Lutra juga mendorong agar setiap Koperasi dapat melakukan RAT tepat waktu sehingga hadir Koperasi yang berkualitas dan sehat secara organisasi dan usaha yang dapat menyiapkan berbagai kebutuhan pokok anggotanya, sehingga hadir koperasi yang berdaya saing dan melayani anggota dan masyarakat secara tepat dan berkelanjutan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sulawesi Selatan Abdul Malik Faisal dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena Pemkab Luwu Utara tetap fokus dalam Reformasi Koperasi dengan senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan strategis dalam pembinaan dan pengembangan usaha-usaha koperasi yang relevan dengan aktivitas ekonomi anggotanya yang prospek pasar domestik dan pasar global sekalipun. Koperasi sudah saatnya paham dengan Konsep 3Go, yaitu Go Modern Go Digital dan Go Global tutupnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Luwu Utara Muslim Muchtar dalam laporannya disampaikan bahwa Pelatihan ini diikuti oleh 100 orang pengurus Koperasi dan KUD se Kab. Luwu Utara selama 2 hari di Hotel Remaja Indah Masamba yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Laporan Keuangan dan Penilaian Kesehatan KSP/USP, agar koperasi dapat RAT tepat waktu. Kegiatan ini sepenuhnya menggunakan Anggaran APBD Kab. Luwu Utara.

Pada saat penutupan juga diserahkan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) kepada 3 Koperasi yaitu kepada KSU Karya Nanda, KSU Mitra Setia dan Koperasi Wanita Melati yang diserahkan langaung oleh Bupati Luwu Utara didampingi oleh Kadis Kop dan UKM Prov. Sulsel dan Kadis DP2 KUKM Lutra, tutupnya.