Beranda Nasional Prabowo Unggul di Sumatera, Jokowi Kuasai Papua

Prabowo Unggul di Sumatera, Jokowi Kuasai Papua

HERALDMAKASSAR.com – Celebes Research Center (CRC) merilis survei terbarunya untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Jakarta, pada Minggu (10/2/2019) kemarin.

Elektabilitas pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengalami peningkatan di beberapa daerah terutama Sumatera dan Maluku.

Sebaliknya, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengalami penurunan. Bahkan di Sumatera Prabowo-Sandi unggul.

Di Sumatera, elektabilitas Prabowo-Sandi 44,8 persen, sementara Jokowi-Ma’ruf hanya 37,6 persen. Elektabilitas Prabowo-Sandi melonjak dari sebelumnya tertinggal 37,1 persen pada September 2018.

Di Pulau Kalimantan dan Papua, elektabilitas Prabowo justru menurun. Di Kalimantan, elektabilitas Prabowo merosot dari 34,3 persen menjadi 18,3 persen. Jokowi meningkat dari 45,7 persen menjadi 61,7 persen. Di Papua, Jokowi unggul jauh 86,7 persen dari Prabowo yang hanya 6,7 persen.

“Tren elektabilitas pasangan calon memperlihatkan pasangan Prabowo-Sandiaga naik, Jokowi-Ma’ruf mengalami penurunan. Walaupun Jokowi masih unggul saat ini,” kata Direktur Eksekutif CRC, Herman Heizer.

Sementara di Pulau Jawa, Sulawesi, dan Kepulauan Nusa Tenggara relatif tak ada perubahan elektabilitas dengan Jokowi masih memimpin atas Prabowo. Secara nasional elektabilitas Jokowi juga masih unggul dari Prabowo.

(HM/MKA)