Beranda Makassar BPBD Makassar Serahkan Bantuan Stimulan Korban Kebakaran di Tamalate

BPBD Makassar Serahkan Bantuan Stimulan Korban Kebakaran di Tamalate

Proses pengerahan bantuan stimulan untuk warga korban kebakaran di Kecamatan Tamalate.

HERALDMAKASSAR.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menyerahkan bantuan stimulan kepada warga di Jalan Gusung Makmur, Kelurahan Maccini Somabala, Kecamatan Tamalate, Senin (28/1).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Maharuddin, mengatakan kebakaran yang terjadi Kamis (17/01) lalu menyebabkan tiga rumah warga ludes terbakar.

“Kebakaran yang terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk tersebut mengakibatkan rumah warga nyaris rata dengan tanah,” katanya.

Tim rehabilitasi dan rekonstruksi BPBD bersama pihak kelurahan sebelumnya sudah melakukan proses identifikasi menghitung komponen yang rusak.

“BPBD memberikan bantuan rekonstruksi rumah berupa bantuan yang sifatnya stimulan. Bantuan yang diserahkan berupa seng, balok dan paku,” ungkap lelaki yang disapa Mahar.

Bantuan stimulan ini menurut dia untuk membantu warga memperbaiki kembali rumah warga yang rusak.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD, Taufiek Rachman, mengatakan dampak cuaca ekstream yang melanda Makassar dan sekitarnya dalam satu bulan ini mengakibatkan bencana banjir, abrasi pantai dan angin puting beliung.

“Fokus penanganan bencana saat ini bukan hanya kebakaran, dampak cuaca ekstream yang terjadi saat ini mengakibatkan banjir, air pasang atau rob yang disertai abrasi pantai dan angin puting beliung di beberapa wilayah di Makassar,” ungkapnya.

Ada lima kecamatan yang terdampak banjir, yaitu Manggala, Biringkanaya, Tamalanrea, Panakkukang dan Tamalate.

“Bencana air pasang atau rob dan abrasi pantai terjadi di wilayah kelurahan kodingareng RW 01 sampai 06 Kecamatan Kepulauan Sangkarrang,” katanya.

Selanjutnya, bencana angin puting beliung terjadi di dua kecamatan, yaitu Kelurahan Melayu Kecamatan Wajo dan Kelurahan Tanjung Merdeka Kecamatan Tamalate.

“Dampak dari bencana ini mengakibatkan banyak rumah warga yang rusak, mulai dari rusak ringan hingga rusak parah,” ungkapnya saat ditemui di Posko PB BPBD.(HM)