Beranda Makassar UNM-ISNU Akan Gelar Seminar Nasional Terkait Migas

UNM-ISNU Akan Gelar Seminar Nasional Terkait Migas

Rektor UNM Prof Husain Syam.

HERALDMAKASSAR.com – Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan PW Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sulsel, segera menyelenggarakan Seminar Nasional Kemigasan dengan tema ‘Peran BUMN Migas dalam Menopang Ketahanan Energi Nasional’, di Ballroom lantai 3 menara Pinisi UNM, Kampus Gunungsari, Makassar, pada Jumat (18/1/2019) mendatang.

Seminar Nasional ini akan menghadirkan pembicara dari Tokoh Nasional, Ali Masykur Musa, Deputi Migas BUMN dan Dirut Pertamina, yang akan dihadiri pengurus ISNU, civitas akademika UNM dan masyarakat umum.

Rektor UNM, Prof Husain Syam menyampaikan, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan seminar nasional ini. Ia menegaskan kegiatan tersebut merupakan bagian penting untuk memberi masukan dan gambaran terkait ketahanan energi di Indonesia, juga potensi-cadangan minyak, gas dan energi terbarukan.

Apalagi saat sekarang ini, pemerintah terus mengarah pada pembangunan energi baru dan terbarukan sebagai langkah dan arah kebijakan pembangunan di sektor energi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat.

“Melihat betapa pentingnya isu ketahanan energi ini, UNM memiliki perhatian khusus terhadap isu migas, lingkungan dan dalam menghadapi krisis energi kedepan, kita gelarlah seminar nasional ini,” jelas Prof Husain.

Konsumsi minyak bumi Indonesia melebihi produksi, di sisi lain, Indonesia pun belum memiliki cadangan yang cukup sebagai penyangga energi lain yang dapat memberikan jaminan pasokan.

“Kita harapkan sejumlah masukan terkait migas, ketahanan energi, dari seminar nasional ini nantinya,” tandas mantan Dekan FT UNM ini.

Panitia akan mengundang sejumlah pihak yang berkaitan dengan energi, minyak dan gas yang ada di Sulawesi, dengan estimasi peserta mencapai 1.000 orang. (*)