Beranda Makassar FISIP Unismuh Kerjasama Penelitian Dengan Tohoku University Jepang

FISIP Unismuh Kerjasama Penelitian Dengan Tohoku University Jepang

HERALDMAKASSAR.COM – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar, pada hari Senin 14 Januari 2019 dan bertempat di Minihall Lantai 5 Gedung Al Iqra, mengkaji aspek-aspek sosial politik dari tata kelola bencana. Kegiatan itu di kemas dalam bentuk “Visiting Professor ; Disaster Governance in Vulnarable Society”, dengan mendatangkan pakar terkemuka, Profesor Dr. Dinil Pushpalal ahli Human Security dari Tohoku University Jepang dan Profesor Dr. Musa Hubeis ahli System Thinking dari Institut Pertanian Bogor, Indonesia.

Menurut Dr. Ihyani Malik, Dekan FISIP Unismuh, “kegiatan kuliah pakar seperti ini menjadi ikhtiar kami untuk terus menciptakan ekosistem akademik yang bereputasi global”.

Lebih lanjut beliau menjelaskan “Kami berharap ada kerjasama yang lebih intensif dengan pihak Tohoku University. Terutama dalam upaya mengarusutamakan perspektif Human Security dalam manajemen bencana. Kami menilai kajian Human Security ini belum cukup berkembang di Indonesia”.

Kegiatan kuliah tamu profesor ini juga di rangkaikan dengan pembentukan gugus riset ilmu sosial politik tentang Human Security Dalam Tata Kelola Bencana, kerjasama FISIP Unismuh dengan Tohoku University Jepang, serta kemungkinan pengembangannya di lembaga seperti IPB, Universitas Tadulako, LIPI dan STAIN Sorong. Kedua profesor tamu itu juga telah mengisi kuliah di kelas internasional pada program studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Pemerintahan.