Beranda Makassar UNM Yudisium dan Wisuda 395 Mahasiswa PPG

UNM Yudisium dan Wisuda 395 Mahasiswa PPG

HERALDMAKASSAR.COM – Sebanyak 395 mahasiswa mengikuti yudisium dan wisuda Program Profesi Guru (PPG) Sarjana Mendidik di daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (SM3T) dan Program Profesi Guru Prajabatan Periode VI di Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan digelar di Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi, Kamis (27/12/2018).

Wisuda tersebut terdiri dari 211 mahasiswa PPG SM3T dan 184 mahasiswa PPG prajabatan untuk tahun 2018 di UNM. Turut dihadiri pula orangtua wisudawan, seluruh pimpinan dan staf di lingkup UNM.

Rektor UNM, Prof Husain Syam dalam sambutan menyampaikan, PPG merupakan salah satu program mencetak guru yang dipastikan mampu berkerja secara profesional, untuk itu pihaknya mempersiapkan secara maksimal tenaga guru tersebut dalam membangun negeri dengan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pendidikan.

“Kita berharap guru merambah realitas kehidupan, dan masa depan untuk mengamalkan ilmu dan lebih bertanggung jawab, berkompeten dan memiliki kualitas yang mumpuni. Yudisium dan wisuda hari ini diharapakan menjadi pencetus dan mendedikasikan diri secara tulus dan ikhlas,” jelasnya.

Secara keseluruhan selama enam angkatan alumni PPG di UNM telah mengikuti wisuda pelepasan oleh Rektor UNM sebanyak 2.324 orang

Baginya, guru profesional merupakan guru masa depan, guru menjadi pelanjut semangat perjuangan dan kemabli pada masyarakat.

“Program ini sendiri sebagai pencetus dan penyiapan tenaga profesional guru, dan sebagai program mencerdaskan bangsa,” katanya lagi.

Mantan Dekan Fakultas Teknik UNM ini meminta alumni yang diwisuda hari ini agar tetap menjunjung nama UNM. “Saya menghimbau agar bagi para alumni hari ini menjadikan profesinya sebagai bagian dari hidupnya, serta tetap menjaga nama institusi,” pungkasnya.

Adapun wisudawan terdiri dari 21 program studi yaitu :
1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 94 orang
2. Penfidikan Guru SD PPGT 5 orang
3. Bimbingan Konseling 15 orang
4. Pendidikan Teknik Elektro 1 orang
5. Pendidikan Teknik Otomotif 13 orang
6. Pelayaran Kapal Penangkap Ikan 10 orang
7. Pendidikan Teknik Elektronika 12 orang
8. Agribisnis Pengolaha Hasil Pertanian dan Perikanan 5 orang
9. Teknik Kimia 36 orang
10. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi 40 orang
11. Pendidikan Bahasa Inggris 46 orang
12. Pendidikan Bahasa Indonesia 17 orang
13. Pendidikan Matematika 28 orang
14. Pendidikan Kimia 3 orang
15. Pendidikan Fisika 11 orang
16. Pendidikan Geografi 14 orang
17. Pendidikan Administrasi Perkantoran 18 orang
18. Pendidikan pancasila dan Kewarganegaeaan 10 orang
19. Pendidikan Sejarah 3 orang
20. Pendidikan Akuntansi 3 orang
21. Pendidikan Ekonomi 13 orang