Beranda Nasional Kementan Setuju Delapan Varietas Padi Luwu Utara Jadi Varietas Unggul Nasional

Kementan Setuju Delapan Varietas Padi Luwu Utara Jadi Varietas Unggul Nasional

Sidang Akhir Pelepasan 8 varietas padi lokal Luwu Utara, Jumat (30/11), di Hotel Salak, Bogor.

HERALDMAKASSAR.com, Bogor – Kabar gembira bagi masyarakat Luwu Utara, khususnya para petani. Pasalnya, delapan varietas padi unggul lokal Luwu Utara telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Varietas Tanaman Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia sebagai varietas padi unggul nasional.

Klaim persetujuan ini terungkap dalam Sidang Akhir Pelepasan 8 varietas padi lokal Luwu Utara, Jumat (30/11), di Hotel Salak, Bogor.

“Sidang pelepasan 8 varietas padi lokal Lutra telah disetujui oleh Tim Pelepasan Kementan untuk dilepas sebagai varietas padi unggul nasional,” ungkap Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebuan melalui Kasi Pengolahan dan Pemasaran Tanaman Pangan, Abdul Muhtar.

Meski demikian, masih ada tahapan penyempurnaan yang harus dilakukan DTPHP bersama Tim Peneliti sebelum resmi dilepas.

“Sebelum resmi dilepas, tim pelepasan dari Luwu Utara diminta untuk memperbaiki laporan hasil pelepasan dengan mengacu pada format laporan terbaru sesuai Peraturan Kementan,” jelas Muhtar.

Seperti diketahui, delapan varietas padi unggul lokal Luwu Utara yang sebentar lagi akan dilepas sebagai varietas unggul nasional adalah Banjara, Bandarata, Pare Sale, Remaja, Tedeboe, Jamborana, Dambo dan Tarone.

(HM/LH)