Beranda Makassar Hadapi Musim Penghujan, Basarnas Mulai Latihan Pertolongan di Air

Hadapi Musim Penghujan, Basarnas Mulai Latihan Pertolongan di Air

Pelatihan pertolongan di Air, Basarnas Makassar.

HERALDMAKASSAR.com – Memasuki musim penghujan di Kota Makassar dan persiapan menghadapi kemungkinan banjir kota Makassar, Rescuer Basarnas Makassar menggelar Pelatihan teknik pertolongan di air atau water rescue.

Pelatihan digelar pada Kamis, 29 november 2018, bertempat di Pantai Akkarena Makassar.

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari menyatakan, tujuan digelarnya kegiatan ini, antara lain untuk meningkatkan dan melatih kemampuan dan keterampilan para rescuer, khususnya water rescue.

“Kami secara rutin menggelar pelatihan ini, biasanya kami adakan di kolam renang, namun kali ini pelatihan di adakan di pantai untuk mendapatkan impresi sebenarnya,” kata Mustari.

Mustari menyampaikan, rescuer akan dibagi menjadi dua tim, masing-masing tim akan mengendalikan perahu karet, dan akan menolong korban yang tenggelam di laut.

“Selain itu kami juga akan melakukan simulasi untuk pertolongan saat terjadi banjir di Kota Makassar, dimana seolah olah korban kami evakuasi saat aliran arus cukup deras,” tuturnya.

Kondisi Makassar yang saat ini telah memasuki musim penghujan, menuntut rescuer Basarnas Makassar selalu siap siaga dalam menghadapi kondisi yang membahayakan jiwa manusia atau bahkan bencana yang tidak diketahui kapan datangnya.(*)

(HM/IR)