Beranda Makassar Yonzipur-8/SMG Kembali dari Misi Kemanusiaan Pemulihan Pasca Gempa Palu

Yonzipur-8/SMG Kembali dari Misi Kemanusiaan Pemulihan Pasca Gempa Palu

HERALDMAKASSAR.com – Selama kurang lebih sembilan minggu di wilayah Palu, Donggala dan Sigi sejak tanggal 30 September 2018, 305 Prajurit Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna telah berhasil melaksanakan rekonstruksi dan rehabilitasi sarana maupun prasarana infrastruktur. Hal ini ditandai dengan Apel Penyambutan yang dilaksanakan di Pelabuhan Soekarno Hatta Jl. Penghibur, Makassar, Senin (19/11).

Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Surawahadi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kembali di pangkalan, disertai ucapan terima kasih dan apresiasi atas kontribusi Satgas Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna yang membantu memulihkan situasi dan kondisi daerah pasca gempa, tsunami serta likuifaksi tanah secara signifikan.

“Saya berharap berbagai pengalaman dan keberhasilan selama melaksanakan misi mulia ini, dapat menjadi bekal berharga untuk menyongsong tugas-tugas pengabdian yang akan datang, keberhasilan yang telah dicapai jadikan motivasi untuk lebih dewasa dalam berfikir, bersikap dan bertindak sehingga pada pelaksanaan tugas yang akan datang akan lebih baik,” tegas Pangdam.

Pemulihan yang dilakukan Satgas Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna diantaranya membuka akses jalan poros Palu-Kulawe dan Kecamatan Tatanga-Kecamatan Jawalise, membangun hunian sementara (Huntara) bagi pengungsi, melakukan evakuasi serta pembersihan di rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya serta mengawal distribusi logistik ke berbagai daerah pengungsian yang terisolir.

Selain itu, satuan ini juga telah melaksanakan trauma healing untuk membantu memulihkan kembali trauma yang dialami masyarakat dengan membangkitkan moril dan motivasi serta semangat hidup masyarakat, akibat bencana alam.

Tak hanya melakukan pemulihan di Palu namun sampai saat ini sebagian besar Prajurit Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna masih tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) penanggulangan bencana gempa bumi di Lombok NTB.

Hadir pada acara ini Kasdam XIV/Hsn Brigjen TNI Budi Sulistijono, Irdam, Perwira Ahli, Para Asisten, Para Kabalak dan Komandan satuan jajaran Kodam XIV/Hsn.(*)

(HM/IR)