Beranda Makassar Sosialisasi di SMA Katolik Cendrawasih, Ini Pesan Aliyah Mustika

Sosialisasi di SMA Katolik Cendrawasih, Ini Pesan Aliyah Mustika

Aliyah Mustika bersama BKKBN sosialisasi di SMA Katolik Cendrawasih.

HERALDMAKASSAR.com – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Bandan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan, mengunjungi SMA Katolik Cendrawasih, Kota Makassar, Senin (19/11/2018).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk menggelar Sosialisasi Pembangunan Keluarga. Terlihat ratusan siswa-siswi serta guru tenaga pendidik di Sekolah ini antusias saat menyimak materi yang diberikan.

Dalam arahannya, Aliyah Mustika meminta kepada seluruh siswa untuk bisa menjaga pergaulan, hal itu didasari dengan tingginya penggunaan narkoba, pergaulan bebas, serta pernikahan di bawah umur yang terjadi di Sulawesi Selatan.

“Data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak provinsi, pernikahan anak usia di bawah 15 tahun yang terjadi di Sulsel saat ini mencapai 6,7 persen, jumlah ini jauh diatas jumlah Nasional yang hanya 2,46 persen. Tingginya jumlah pernikahan dini tentu menjadi kekhawatiran bagi kami. bagaimana tidak, kandungan atau rahim wanita yang masih terlalu muda sangat beresiko terhadap penyakit jika melahirkan anak. Selain itu, anak yang menikah usia muda juga pastinya harus putus sekolah. Bagaimana mereka bisa melahirkan anak yang baik sementara sekolah mereka juga putus di tengah jalan,” ungkap Politisi Partai Demokrat ini.

Selain itu, pergaulan bebas dan pengunaan narkoba di sulsel juga cukup tinggi. “Pengguna narkoba narkoba pada kalangan pelajar di Sulsel berada di urutan ke-6 se Indonesia. Kasian anak-anak kita yang terjerumus kedalam ini, sangat berdampak buruk terhadap masa depan mereka,” ujar Aliyah.

Pada kesempatan tersebut, Isteri Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ini juga meminta kepada seluruh guru di SMA Katolik untuk mendidik anak dengan baik.

“Selain orang tua mereka, kita sebagai guru juga memiliki tanggung jawab besar dalam mengantarkan mereka untuk mencapai masa depan yang baik. Olehnya itu, saya berharap bekali siswa-siswi kita dengan ilmu pendidikan yang baik, supaya mereka bisa berpikir dengan baik serta dapat memilah mana pergaulan yang baik untuk diikuti dan yang tidak baik untuk dijauhi,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Katolik Cendrawasih, Andarias Kuli.S.Pd, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Aliyah Mustika dan BKKBN yang menggelar sosialisasi ini, lantaran materi yang dibawakan dapat memberi edukasi yang baik untuk masa depan siswa-siswinya.

“Kami sangat berterimakasih kepada ibu Aliyah dan BKKBN sudah mau memberikan pemahaman kepada siswa dan siswi kami, materinya sangat bermanfaat untuk merencanakan dalam meniti masa depan mereka dengan baik,” kata Andarias Kuli.

Dalam kesempatan tersebut, turut Kepala Bidang Keluarga Sejahterah dan Pembangunan Keluarga BKKBN Sulsel, Abdul Gaffar sebagai Pemateri.(*)

(HM/J)