Beranda Makassar Tinjau Pelayanan Kesehatan RS Wahidin, Aliyah Mustika Temukan Ini

Tinjau Pelayanan Kesehatan RS Wahidin, Aliyah Mustika Temukan Ini

Aliyah Mustika Ilham berbincang dengan salah satu keluarga pasien yang dirawat di IGD RS Wahidin.

HERALDMAKASSAR.com – Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham meninjau pelayanan Rumah Sakit (RS) Dr. Wahidin Sudirohusudo, Jl. Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sabtu 17 November 2018.

Dalam kunjungannya Legislator Komisi IX yang membidangi kesehatan tersebut ia diterima oleh Direktur RS Dr. Wahidin Sudirohusudo, Dr. Khalid Saleh. Aliyah mengaku tertarik dengan pelayanan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) yang diterapkan RS Dr. Wahidin Sudirohusudo.

Kepada Aliyah, Khalid Saleh menjelaskan, Sisrute yang diterapkan merupakan jawaban dari setiap masalah yang selalu dihadapi rumah sakit, yakni banyaknya penolakan terhadap pasien.

“Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi, Sisrute ini dibangun karena adanya banyak masalah, pertama banyaknya penolakan, akses masuk rumah sakit itu sulit, dan terkait dengan pemberian fasilitas kesehatan,” jelas Khalid.

“Prinsip sistem ini adalah adanya komunikasi, protap kita bahwa setelah ada rujukan masuk itu ada notifikasi dan itu harus segera dijawab paling lambat 5 menit,” sambungnya.

Menurut Khalid, masalah itu dihadapi sebagian besar pasien dari BPJS, tapi apapun itu, kata dia, semua akan diperlakukan sama di RS. Dr. Wahidin Sudirohusudo.

“Sebetulnya kalau kita melihat, dengan adanya BPJS akses masuk pasien di rumah sakit sangat bagus. Yang jadi problem itu kalau ada pasien yang tidak ada jaminannya, sejauh ini alhamdulillah pelaksanaan BPJS tidak ada masalah di sini,” tukasnya.

Sementara itu Aliyah yang sebelumnya menyempatkan berinteraksi dan berbagi bersama pasien mengatakan, dirinya mengapresiasi pelayanan sisrute di Wahidin.

“Sisrute ini baik, karena semua pasien layak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di seluruh rumah sakit, dan Sisrute ini kita percaya akan mampu merealisasikan hal itu,” ucap Isteri mantan Walikota Makassar periode 2004-2014 tersebut.

Untuk pasien BPJS, menurutnya telah menjadi keprihatinan DPR RI Komisi IX untuk terus mengontrol dan memberi masukan kepada BPJS, agar kerjasama dengan setiap rumah sakit berjalan baik, sehingga pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Diketahui sebelumnya, Legislator senayan ini juga pernah melakukan kunjungan yang sama bersama Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelayanan kesehatan di Sulawesi Selatan berjalan baik.(*)

(HM/J)