Beranda Makassar Rektor Unhas Hadiri CSIS Global Leaders Forum di Washington DC

Rektor Unhas Hadiri CSIS Global Leaders Forum di Washington DC

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu menghadiri Center for Strategic and International Studies (CSIS) Global Leader Forum di Washington DC, Amerika Serikat, 23 – 26 Juli 2018.

Rektor Unhas mendapat kehormatan bersama empat rektor lain, yaitu Rektor UI, UNPAD, ITS, dan UGM mendampingi Menteri BUMN Rini Sumarno serta Komisaris Bank BNI.

Kepala Unit Humas dan Protokoler
Universitas Hasanuddin Ishaq Rahman mengatakan, CSIS merupakan salah satu lembaga think-tank terkemuka dan berpengaruh di dunia.

“Didirikan pada tahun 1962 di Washington DC, CSIS kini dikenal sebagai lembaga yang berperan dalam kebijakan strategis politik domestik dan luar negeri Amerika Serikat, baik untuk tema pertahanan keamanan, kajian regional, dan tantangan transnasional mulai dari pembangunan global, energi, dan integrasi ekonomi,” katanya.

Dalam ‘Go To Think Tank Index’ yang dirilis oleh University of Pennsylvania, CSIS dinobatkan sebagai lembaga think tank teratas untuk Kajian Keamanan Internasional.

Global Leaders Forum sendiri merupakan forum khusus yang digelar secara rutin oleh CSIS untuk memberi kesempatan bagi para pengambil kebijakan dari seluruh dunia untuk membagi gagasan dan pandangan tentang isu-isu kebijakan publik.

“Secara rutin, forum ini dihadiri oleh para eksekutif pemerintahan Amerika, pejabat legislatif, diplomat asing, ahli-ahli, serta para pemimpin masyarakat dan media,” kata Ishaq.

Bersama Rektor Unhas, turut diundang pula empat rektor, Prof. Muhammad Anis (Rektor UI), Prof. Panut Mulyono (Rektor UGM), Prof. Joni Hermana (Rektor ITS), dan Prof. Tri Hanggono Achmad (Rektor UNPAD).

Selama berada di Amerika Serikat, rombongan Menteri BUMN akan menghadiri beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh CSIS.  Selain Global Leaders Forum, delegasi Indonesia juga akan mengikuti Rountable on Southeast Asian Economic and Trade, High Level Discussion Forum, US-Indonesia Strategic Forum, serta High Level Conference.

(is/pojoksulsel)