Beranda Sulsel Ini Cara RSUD Parepare Antisipasi Rujukan Pasien Penyakit DBD

Ini Cara RSUD Parepare Antisipasi Rujukan Pasien Penyakit DBD

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Menagemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare melakukan antisipasi rujukan pasien dari Puskesmas, khususnya pasien yang mengidap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Yah, kita antisipasi rujukan dari Puskesmas mengenai penyakit itu. Sekarang musim panca roba,” kata dia.

Mukarramah menjelaskan, secara umum gejala DBD biasanya diawali dengan demam usai di gigit nyamuk yang terinfeksi.

“Kemudian muncul bintik merah di bagian tubuh, 3 sampai 4 hari setelah demam,” jelasnya.

Olehnya itu, kata dia, pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyakit Demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan virus dengue yang dibawa nyamuk.

Penyakit tersebut, lanjut dia, dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Apalagi di kondisi musim penghujan yang tidak menentu seperti saat sekarang ini.

“Jika masyarakat memiliki gejala yang dimaksud, kita sarankan untuk konsultasi dan periksa ke Dokter, baik di Puskesmas maupun di rumah sakit,” harapnya.

Kasubid Humas RSUD Andi Makkasau, Farida mengatakan, ada beberapa poin yang harus diketahui masyarakat untuk mencegah penyakit tersebut.

Misalnya menjaga perilaku masyarakat, baik di rumahnya sendiri maupun di lingkungannya.

“Untuk mencegah dan mengatasi DBD, sebaiknya masyarakat merubah gaya hidupnya. Membiasakan diri membersihkan genangan air, tidak menumpuk sampah dan utamanya biasakan hidup pola sehat,” ungkapnya.

Dia juga menyarankan, agar puskesmas rutin melakukan sosialisasi di tengah masyarakat, guna mengantisipasi dan mencegah DBD merajalela menyerang. (sps/rsudpare/pojoksulsel)