Beranda Olahraga Diwarnai Kartu Merah dan Penalti, Jepang Tekuk Kolombia 2-1

Diwarnai Kartu Merah dan Penalti, Jepang Tekuk Kolombia 2-1

POJOKSULSEL.com, MOSKOW – Timnas Jepang sukses mengamankan poin penuh setelah mengakhiri perlawanan Kolombia di Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018) malam WITA. Diwarnai kartu merah cepat dan penalti, Kolombia yang bermain dengan sepuluh orang menyerah 1-2.

Laga baru berjalan tiga menit saat wasit Damir Skomina menghukum Kolombia dengan penalti. Hukuman itu dijatuhkan karena Carlos Sánchez menghalau tendangan Shinji Kagawa dengan tangannya. Sanchez juga menerima kartu merah akibat ulahnya itu.

Kagawa yang menjadi eksekutor penalti berhasil membawa Jepang unggul 1-0 pada menit keenam. Dia menempatkan bola di tengah gawang. Sementara kiper David Ospina bergerak ke arah kanan.

Kehilangan satu pemain membuat Kolombia mengubah kerangka permainannya menjadi 4-4-1. Pelatih Jose Pekerman menginstruksikan Juan Quintero sebagai gelandang bertahan bersama Jefferson Lerma. Sementara Radamel Falcao menjadi striker tunggal.

Kolombia mendapat tendangan bebas pada menit ke-12. Eksekusi Quintero langsung mengarah ke Falcao. Sayang sontekan eks Manchester United tersebut mengarah tepat ke pelukan kiper Jepang Eiji Kawashima.

Takashi Inui mendapatkan ruang tembak sangat terbuka selepas menerima thru pass Kagawa pada menit ke-15. Sayang tendangannya terlalu lemah dan melenceng ke kanan gawang Kolombia.

Kalah jumlah pemain tak membuat Kolombia kehilangan ketajaman. Mereka justru sangat bergairah untuk memainkan sepak bola menyerang. Jepang tampak kewalahan untuk menghadang gempuran Los Cafeteros – julukan Kolombia.

Kolombia melakukan pergantian pertama pada menit ke-31. Pekerman memutuskan untuk menarik Juan Cuadrado dan memasukkan gelandang bertahan Boca Juniors Wilmar Barrios. Pergantian ini membuat Quintero melebar sebagai winger.

Peluang kedua diperoleh Falcao pada menit ke-34. Lagi-lagi Falcao mendapatkan umpan manja dari Quintero. Akan tetapi aksinya kembali digagalkan Kawashima. Kolombia pun kembali gagal mencetak gol penyama kedudukan.

Kolombia akhirnya menyamakan kedudukan lewat eksekusi tendangan bebas Quintero pada menit ke-39. Walaupun berhasil ditangkap Kawashima, namun bola sudah melewati garis gawang. Kolombia menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Anak-anak Kolombia semakin percaya diri selepas menyamakan kedudukan. Namun tak ada tambahan gol hingga turun minum.

Kartu merah untuk pemain Kolombia, Carlos Sánchez karena menghalau bola dengan tangannya

Memasuki babak kedua, Jepang mengambil inisiatif untuk menyerang pada menit-menit awal. Kesempatan emas mereka hasilkan pada menit ke-54. Sayang tendanganon target Yuya Osako berhasil diblok kiper Ospina.

Ospina kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-57. Kiper Arsenal itu sukses memblok tendangan melengkung Takashi Inui. Bek Maya Yoshida menyambut free kick rekannya dengan sundulan. Sayang arah bola melebar.

Bintang Kolombia James Rodriguez akhirnya mendapat kesempatan bermain pada menit ke-59. Penggawa Bayern Munchen tersebut masuk menggantikan si pencetak gol penyama kedudukan, Juan Quintero.

Tendangan kaki kiri dari jarak yang cukup jauh dilakukan eks pemain AC Milan, Keisuke Honda. Sayang bola mengarah tepat ke tangkapan kiper Ospina. Honda masuk menggantikan Kagawa pada menit ke-70.

Pada menit ke-72, Yuya Osako berhasil membobol gawang kiper Kolombia, David Ospina, untuk kedua kalinya dalam pertandingan itu. Kedudukan 2-1 untuk kemenangan Jepang bertahan sampai injury time, menit ke-90+4.

Gol itu berasal dari umpan pemain kawakan Jepang, Keisuke Honda, yang baru diturunkan pada 20 menit terakhir. Honda melakukan tendangan penjuru yang gagal dihadang Ospina dan bola disambar Osako dengan tandukan yang memastikan kemenangan Jepang.

Susunan Pemain:
Kolombia: Ospina; Arias, Murillo, D Sanchez, Mojica; Lerma, C Sanchez; Cuadrado (Wilmar Barrios 31), Quintero (James Rodriguez 59), Izquierdo; Falcao.

Jepang: Kawashima; H Sakai, Yoshida, Shoji, Nagatomo; Hasebe, Shibasaki; Haraguchi, Kagawa (Keisuke Honda 69), Inui; Osako.

(is/pojoksulsel)