Beranda Headline News Pelaku Bom Bunuh Diri di Surabaya Dikenal Santun dan Ramah

Pelaku Bom Bunuh Diri di Surabaya Dikenal Santun dan Ramah

POJOKSULSEL.com – Pemilik Rumah Makan ‘Bebek Alas Daun’ di Wonorejo Asri, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Armuji mengaku terkejut saat petugas kepolisian meminta rekaman kamera pengintai (CCTV) di rumah makannya pada Minggu (13/5/2018) malam.

Armuji sempat menanyakan kepada petugas kepolisian untuk apa rekaman cctv tersebut. Petugas pun memberi tahu bahwa rekaman CCTV tersebut untuk penyelidikan keluarga yang diduga pelaku peledakan bom bunuh diri di tiga geraja di Kota Surabaya yang menewaskan 13 orang dan melukai 43 orang pada Ahad (13/5) pagi.

Tiga gereja tersebut adalah Gereja GKI Jalan Diponegoro Surabaya dan Gereja Pantekosta Jalan Arjuno Surabaya serta Gereja Santa Maria Tak Bercela, Jalan Ngagel Madya Surabaya. Rumah makan milik Armuji kebetulan letaknya tidak jauh dengan rumah milik keluarga terduga pelaku pengeboman tiga gereja yang berada di Wonorejo Asri Blok K/22A.

Satu keluarga tersebut adalah pasangan suami istri yakni Dita Oepriarto dan Puji Kuswanti serta empat anaknya yang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan. Empat anak Dita masih bersekolah, satu masih di jenjang SMA, satu SMP, dan dua jenjang SD.

“Saya kaget dan tidak mengira kalau punya tetangga pelaku pengeboman,” kata Armuji yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Surabaya ini.

Armuji pun memberikan rekaman CCTV yang ada di rumah makannya untuk mempermudah proses penyelidikan petugas kepolisian setempat. Meski dirinya, tidak tiap hari ke rumah makannya, namun Armuji biasanya bertegur sapa dengan para tetangganya.

Ia tidak mengira Dita yang sebelumnya dikenal sebagai sosok santun dan ramah pada warga itu menjadi pelaku pengeboman. Dilihat dari cara berpakaiannya biasa dan tidak ada yang mencurigakan kalau Dita merupakan pelaku pengeboman.

Bahkan Dita terlihat bersama kedua anak lelakinya sering berboncengan naik motor menuju ke mushala untuk shalat berjamah. Meski demikian, sosok Dita yang diketahui bekerja sebagai distributor obat herbal ini diketahui tidak banyak bicara dan bersosialisasi dengan warga semenjak dua tahun terakhir.

Padahal tiga tahun yang lalu Dita pernah menjadi Ketua Sub RT 2/RW 3 Kelurahan Wonorejo. Begitu juga dengan sosok istri Dita yang tidak terlihat mencurigakan.

Selain tidak memakai cadar, istri Dita jarang keluar rumah. Hanya saja yang sering keluar rumah adalah anak-anaknya untuk bermain. “Kata tetangga lainnya, sering ada tamu di rumah Dita. Namun tetangga tidak terlalu memperhatikannya,” katanya.

Selama ini Dita tidak pernah membuat permasalahan serius dengan warga setempat. Hanya saja Dita sendiri sempat mendapat protes dari warga karena pernah membuang limbah hasil usahanya pembuatan minyak kemiri ke saluran air.

Oleh karena itu, warga setempat kaget ketika mengetahui tim Densus 88 menemukan tiga paket bom rakitan siap ledak di rumah Dita. Hasil penelusuran kepolisian, Dita diketahui adalah Ketua Sel Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Surabaya.

Dita diduga mengajak semua keluarganya melakukan aksi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya. Dita sendiri diduga meledakkan diri di Gereja Pantekosta Jalan Arjuno Surabaya menggunakan mobil miliknya.

Sedangkan Puji Kuswanti, istrinya dan dua anak perempuannya diduga meledakkan diri di Gereja GKI Jalan Diponegoro. Sementara dua anak Dita yang lain yang masih belum teridentifikasi diduga meledakkan diri menggunakanan motor di Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Surabaya.

Aparat kepolisian menemukan tiga bom berdaya ledak tinggi (high explosive) saat melakukan penggeledahan di rumah terduga pengebom gereja di Surabaya, di Perumahan Wonorejo Asri Blok K/22A, Rungkut, Surabaya. Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan tiga bom tersebut langsung diledakkan tim penjinak bom di rumah pelaku pengeboman.

Dari tim olah TKP, bom tersebut sebelum diledakan sempat dirakit di rumah tersebut. “Selain menemukan bom, kami juga menemukan sejumlah barang lain. Semuanya sedang diteliti,” ujarnya.

Menurut dia, rumah itu berantakan dan di bagian belakang terdapat ada anak panah dan busurnya yang menancap di papan target. Selain itu, ada juga beberapa dokumen, buku dan beberapa tulisan yang terlihat berserakan.

Hasil temuan pihak kepolisian lainnya dari penggeledaan di rumah Dita yakni sejumlah foto keluarga Dita, styrofoam yang diduga untuk mempercepat pembakaran saat bom diledakkan serta beberapa dokumen. “Ada beberapa buku, ada beberapa tulisan, ada beberapa pesan sedang kita kumpulkan,” katanya seperti dimuat laman Republika.

(pojoksulsel)