Beranda Makassar Agus AN: Tak Banyak TKA di Sulsel, Kerjanya Hanya Sektor Tertentu

Agus AN: Tak Banyak TKA di Sulsel, Kerjanya Hanya Sektor Tertentu

POJOK-SULSEL.com, MAKASSAR – Hari ini 1 Mei, diperingati sebagai Hari Buruh. Dan buruh akan turun ke jalan menggelar aksi, menuntut kesejahteraan. Tapi menurut mantan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, upah buruh di Sulsel, salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Agus Arifin Nu’mang, yang kini sebagai calon Gubernur Sulsel 2018 nengatakan, di Sulsel, setiap tahun terjadi kenaikan upah bagi buruh. “Tahun ini saja, sudah Rp2,5 juta per bulan. Kita hanya di bawah Jakarta dan Manado,” serunya.

Meski demikian lanjut Agus, tidak berarti, Pemprov Sulsel tidak memperhatikan kesejahteraan buruh. “Jika kami, saya dan Pak Tanribali terpilih nanti sebagi Gubernur dan Wakil Gubernur, tentu kesejahteraan menjadi hal utama,” lanjutnya.

Dalam program fokus tuntas Sulsel Bagus, dari sembilan poin yang ada, diantaranya menyebutkan, program pengentasan kemiskinan.

Terkait isu yang ramai dibahas akhir-akhir ini, yaitu persoalan tenaga kerja asing (TKA), Agus meyakini tidak banyak TKA yang masuk ke Sulsel. TKA bekerja hanya pada sektor tertentu.

Dari data Dinas Tenaga Kerja Sulawesi Selatan, hingga triwulan I 2018, jumlah TKA yang bejerja di Sulsel sebanyak 581 orang. Asal TKA nya juga beragam, ada dari Tiongkok, Amerika, Brasil, Spanyol, Korea dan Jepang.

(gunawan songki/pojoksulsel)